5 Rekomendasi Pertanyaan untuk Interviewer saat Melamar Pekerjaan

Andrie K.

auqri.com - Interview atau wawancara kerja merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh pelamar pekerjaan. Dalam proses interview inilah pihak HRD ingin mengetahui lebih dalam keseriusan dan ketertarikan Anda kepada perusahaan. 

HRD atau perekrut akan menanyakan beberapa pertanyaan kepada Anda dan saat semuanya telah selesai perekrut biasanya memberikan kesempatan kepada Anda untuk bertanya. Beberapa diantaranya, 

  • Apakah ada yang ingin ditanyakan ?
  • Apakah ada yang belum jelas ?
  • Apakah ada pertanyaan ?

Saat HRD atau perekrut membuka sesi tanya jawab, manfaatkanlah kesempatan ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai pekerjaan atau perusahaan yang Anda lamar. 

Keaktifan Anda dalam bertanya akan menunjukkan antusiasme serta nilai tambah bagi Anda dimata perekrut. Dalam hal ini pula Anda dapat melihat apakah pekerjaan ini sesuai dengan apa yang Anda bayangkan.

5 Rekomendasi Pertanyaan untuk Interviewer saat Melamar Pekerjaan

Rekomendasi Pertanyaan Interview Kerja

Saat sudah diberi kesempatan untuk bertanya, perhatikan dengan baik apa yang ingin Anda sampaikan atau tanyakan kepada perekrut atau HRD. Pastikan pertanyaan itu tidak mengulang apa yang sudah dijelaskan oleh HRD pada saat sesi interviewer. 

Agar Anda mendapatkan sedikit gambaran, berikut beberapa rekomendasi pertanyaan untuk interviewer saat melamar pekerjaan, diantaranya; 

1. Bagaimana culture di perusahaan ini ?

2. Apa tantangan terbesar di perusahaan ini ?

3. Apa target/tujuan perusahaan untuk saat ini ?

4. Bagaimana daily task / job desk dari pekerjaan ini ?

5. Apa karakter yang Anda cari untuk posisi ini ?

Tapi terkadang biasanya salah satu pertanyaan diatas ada yang sudah dijelaskan oleh HRD atau perekrut, oleh karena itulah Anda harus selalu memperhatikan apa yang disampaikan oleh HRD terkait info yang berkaitan dengan perusahaan atau pekerjaan dalam sesi wawancara. 

#Bonus: Anda juga bisa bertanya seputar perusahaan atau posisi yang Anda lamar, contohnya: 

  1. Apply Sales, "Kendala di perusahaan ini untuk pencapaian target biasanya apa saja?"
  2. Apply HRD, "Jumlah karyawan disini ada berapa?", dan lain sebagainya. 

Pastikan pertanyaan yang Anda ajukan relevan dengan posisi yang Anda lamar, dan hindari pertanyaan yang bersifat personal ataupun rahasia. 

Nah demikianlah 5 rekomendasi pertanyaan untuk interviewer saat melamar pekerjaan. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda. 

Comments

23 Comments

  • Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis
    tips yang bermanfaat...
    πŸ‘πŸ‘ŒπŸ‘
  • Yonal Regen
    Saya dulu waktu melamar kerja ga kepikiran nanya-nanya ke HRD. Hmm.. padahal kalau udah nemu artikel ini dari dulu, ngebantu banget kayanya
  • Siti Mustiani
    Wah iyaa ya, saking mikirin mau jawab apa saat interview sampai ga kepikiran mau nanya apa. Padahal hal seperti ini penting sekali, tapi mana yang boleh ditanyakan mana yg ga boleh ditanyain.
  • Titis Ayuningsih
    Ku biasanya nanya fasilitas kesehatan sih, tapi dulu awal2 nggak sampai mikir ke arah sana, intinya kalau gaji sesuai dan diterima udah bahagia banget hehe
  • Vicky Laurentina
    Sebetulnya bertanya itu lebih susah daripada menjawab, hihihi.. Soalnya isi pertanyaan itu bisa menunjukkan apakah kandidat sudah menguasai lapangan kerjaannya atau belum.

    Seorang HRD pernah kasih tau saya contoh pertanyaan yang membuat kandidatnya langsung dicoret, "Pak, ini sebenarnya perusahaan apa sih, Pak?"
  • MTB
    Halo Andrie... Terimakasih tipsnya, sangat berguna. Tapi pertanyaannya itu seperti berat gitu ya, hehe
  • Naqiyyah Syam
    dulu cuma daftar kerja PNS dan jadi guru. Ada juga interview dan tes ngaji dan itu lumayan banget bikin gugup.
  • Kyndaerim
    Masih inget dong 'nderedeknya' setiap interview, wkwk.. Ternyata memang aslinya harus santai ya, terlebih saat sesi tanya jawab, ada etikanya juga.
  • Ipeh Alena
    Cocok banget nih buat yang lagi persiapan mau interview. Biar sekalian latihan jawab pertanyaan sambil mikirin mau nanya apa nanti ya. Aku dulu cuma nanya satu, "kira-kira kapan dibutuhkan untuk langsung masuk?" Soalnya waktu interview enggak dikasih tau kapan masuknya, jadi aja aku langsung nanya.
  • Nurul Mutiara R.A
    Sangat membantu bang, apalagi bagi Fresh graduate yang lagi cari2 kerja dan menghadapi kendala saat wawancara kerja. Ini bisa jadi referensi utk mereka
  • Mechta
    Naah..sangat membantu nih utk yg cari2 referensi seputar wawancara kerja. Terima kasih tips nya Kak..
  • Khoirur Rohmah
    Saat diwawancara sama atasan di perusahaan tempatku melamar kerja aja jawabnya masih memilah2 apakah udh bener nih yg kujawab. Aplgi ini klo mw kasih pertanyaan ke HRD. kudu nyiapin keberanian lebih pasti hehee
    Tpi pertanyan2 tsb bkalan berguna pasti buat yg baru apply pekerjaan pertama mereka
    TFS ya, mas
  • radiani
    dulu kukira pertanyaan penutup "ada yang mau ditanyakan?" adalah pertanyaan basa-basi, ternyata kita boleh nanya macem-macem ya :D
  • Rani Retnosari Mantriana
    Nah nyiapin pertanyaan saat interview nggak kalah penting juga ya Kak, kadang saking gugupnya sampe pas dikasih kesempatan mau nanya apa malah gak kepikiran sama sekali.
  • Indra DP
    Saran pemilihan pertanyaannya sepertinya sulit banget untuk dijawab yak? Bikin HRD jadi ketar-ketir kalo interview pelamar yang pintar ngomong Hehehe
  • Bunda Saladin
    BTW beberapa kali interview yang ada malah ditanya, bukannya diminta tanya, eww.

    Lebih grogi kalau disuruh nanya sih daripada ditanya. Jangan sampai yg keluar adalah pertanyaan konyol, malu-maluin.
  • Yuni Bint Saniro
    Nah bener. Kadang-kadang kita juga ditanyaian apakah ada pertanyaan yang ingin diajukan saat mengikuti proses interview. AKu blank kalau sudah tahap ini. Kadang bingung mau nanya apa. Pertanyaan ini bisa menjadi referensiku nih.
  • Monika Yulando Putri
    Jadi teringat perkataan Pluto kalau pertanyaan yang tepat itu lebih penting daripada jawaban yang tepat.

    Alhamdulilllah belum pernah ngerasain cari kerja tapi baca tulisan ini jadi punya gambaran tentang wawancara kerja.
  • Antung apriana
    wah bagi yang mau wawancara kerja bisa siapkan nih daftar pertanyaannya. tapi dulu pas wawancara kerja sempatnya cuma ditanyain sama pewawancaranya belum perah nanya balik sama perusahaannya. hehe.
  • Fandhy Achmad R
    Untuk poin 1-3 mungkin masih sangat layak utk ditanyakan ketika melamar pekerjaan di sektor pelayanan publik, tapi untuk beberapa sektor jasa dan sebagiannya, kadang terlalu banyak tanya malah tidak memberi impresi,terpenting adalah motivasi kerja, karena banyak yang terjadi terlalu banyak pertanyaan yang diajukan tidak diimbangi dengan motivasi kerja, alhasil banyak yang tidak betah bekerja dengannya atau alasannya kadang bisa jangan juga.

    Harus bisa memosisikan diri di tempat kerja dan ketika wawancara kerja jg
  • Afif Dalma
    sangat membantu nih tipsnya.. kalo masalah siap gak siap saya sih udah yakin.. masalahnya saya gak tau bakalan lancar atau nggak wkwkw
  • Renayku
    Bener banget. Kalo ditanya begitu sama hrd memang harus bener2 nanya ya biar dianggap aktif dan antusias untuk menjadi bagian dari perusahaan tsb.
  • Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis
    no.4 biasanya ada di iklan pekerjaan.....

    siip deh postingnya
Cancel

Dilarang meninggalkan link aktif didalam komentar atau diskusi blog. Terima kasih sudah berkunjung.