Cara Menampilkan Iklan Otomatis (Auto Ads) Google Adsense di Postingan Blog

Andrie K.

auqri.my.id - Cara menampilkan iklan otomatis (auto ads) google adsense di postingan blog. Pada bulan februari 2018 yang lalu Google Adsense resmi meluncurkan fitur terbarunya, guna memudahkan publisher untuk meraih pendapatan yang lebih besar. 

Walaupun sebenarnya fitur ini sudah ada sejak bulan september 2017 dalam versi betanya, akan tetapi penerapannya masih pada kelompok tertentu saja. Sejak peluncurannya yang pertama kali hingga saat ini, fitur tersebut sudah bisa dinikmati oleh semua orang. 

Cara Menampilkan Iklan Otomatis Google Adsense di Postingan Blog

Apa itu Iklan Otomatis (Auto Ads) ?

Iklan Otomatis adalah fitur yang dikembangkan oleh google adsense dengan menggunakan praktik terbaiknya untuk membuat penempatan iklan secara otomatis di situs web. Dalam hal ini penayang atau publisher google adsense hanya perlu meletakkan satu potongan kode adsense di situs mereka. 

Maka selanjutnya google adsense akan mengelola, menganalisis, dan menetapkan iklan yang potensial serta menampilkan iklan yang relevan untuk pengguna atau pengunjung situs blog tersebut. 

Walaupun Anda sudah menerapkan iklan manual sebelumnya, iklan otomatis ini tidak akan terpengaruh sama sekali karena keduanya bisa dipasang secara bersamaan. 

Format Iklan yang Didukung oleh Iklan Otomatis (Auto Ads)

Ada beberapa format iklan yang didukung oleh iklan otomatis (auto ads) ini, setiap perangkat akan menampilkan iklan yang berbeda, tergantung perangkat apa yang sedang digunakan untuk membuka situs blog tersebut. 

  • Iklan Teks dan Bergambar (Text & Display Ads), biasanya iklan ini berbentuk spanduk besar yang muncul di beberapa halaman Anda. 
  • Iklan Dalam Artikel (In-article Ads), biasanya iklan ini berbentuk iklan native yang muncul didalam postingan blog Anda.
  • Iklan Dalam Umpan (In-feed Ads), biasanya iklan ini muncul diantara postingan blog Anda di halaman utama.
  • Iklan Konten yang Sesuai (Matched Content Ads), biasanya iklan ini muncul pada bagian akhir postingan berupa rekomendasi artikel lain di blog Anda.  
  • Iklan Tetap (Anchor Ads), biasanya iklan ini menempel atau melayang di layar ponsel atau perangkat yang Anda gunakan. Iklan ini bisa ditutup atau ditampilkan lagi dengan tombol yang telah disediakan. 
  • Iklan Vinyet (Vignette Ads), biasanya iklan ini muncul saat Anda berusaha pindah ke halaman lain, iklan ini tampil dengan layar penuh yang bisa ditutup dengan menekan tombol ikon 'x'. Iklan ini jarang sekali muncul, biasanya hanya sekali atau dua kali dalam sekali kunjungan. 

***

Cara Menampilkan Iklan Otomatis Google Adsense

Secara normal untuk menampilkan iklan otomatis (auto ads) google adsense di blog yaitu; 

  1. Masuk ke akun Google Adsense Anda
  2. Klik tab Iklan
  3. Pada laman " Iklan otomatis "  klik mulai
  4. Pada laman " Pilih setelan global " gunakan toogle untuk mengatur iklan
  5. Klik simpan
  6. Pada halaman " Tempatkan kode di halaman Anda " klik salin kode
  7. Tempelkan kode yang telah disalin diatas tag penutup </head>

Pada panduan langkah diatas, iklan akan muncul di seluruh postingan blog Anda secara otomatis. Namun sayangnya ada beberapa blog ataupun website yang juga belum bisa menerapkan atau menampilkan iklan otomatis atau auto ads ini di postingan blognya.

Sebelum itu pastikan terlebih dahulu apakah blog Anda benar-benar telah memenuhi syarat untuk bisa menerapkan iklan otomatis ini, diantaranya:

Domain terverifikasi atau telah diterima google adsense sepenuhnya

Pastikan bahwa domain blogger Anda (misalnya: auqri.my.id) tercantum sebagai situs yang terverifikasi atau telah diterima google adsense sepenuhnya. Jadi bukan situs yang sedang dalam masa review atau masa pembatasan. 

Template blog responsive

Pastikan selalu gunakan template blog yang responsive, blogger telah menyediakan template blog gratis yang bisa digunakan pada situsnya di bagian menu Template / Theme. Seperti contohnya saja; Contempo, Notable, Soho, dan lain sebagainya. 

***

Nah kalau blog Anda sudah memenuhi syarat, maka selanjutnya ialah menerapkan iklan otomatis google adsense dipostingan blog menggunakan cara yang ke-2. Cara ini dilakukan melalui tampilan atau template blog Anda, simak langkah-langkahnya dibawah ini. 

Ubah Pengaturan Perangkat

Jika Anda menggunakan template blog yang mengharuskan untuk memilih versi mobile / seluler, pastikan untuk memilih opsi Tidak. Tampilkan tema dekstop di perangkat seluler atau jika Anda sudah menggunakan tampilan blogger.com versi terbaru pilih mode dekstop. 

Cara Menampilkan Iklan Otomatis (Auto Ads) Google Adsense di Postingan Blog

Itulah mengapa pentingnya memiliki template blog yang responsive, jadi walaupun tampilan diubah template blog akan tetap menyesuaikan. 

Kesimpulan

Iklan otomatis adalah sebuah fitur hebat yang dikembangkan oleh google adsense untuk meningkatkan pendapatan publisher pada situs blog yang dimilikinya. Untuk menampilkan iklan otomatis (Auto Ads) Google Adsense di postingan blog bisa dengan menggunakan cara yang normal ataupun dengan cara lain seperti mengubah setelan perangkat tampilan situs blog. 

Sumber: https://support.google.com/adsense/answer/9155509?hl=id

Comments

15 Comments

  • Ariefpokto
    ini penting banget lho menampilkan iklan otomatis ad sense google di blog, supaya blog kita menghasilkan ya kan. soalnya kadang suka bingung masangnya apalagi buat para blogger pemula
    • Elvina Yanti
      Baca ini jadi sedih, hiks. Akun adsensenya ke banned secara unpredictable. Hiks. Tapi bisa nih dicoba kalau udah coba daftar lagi. Tapi kadang walaupun udah ada instruksi dari Bang Googlenya, tetap aja kurang paham ya. Thankyou infonya, Kak :)
  • Lailatul Istiqomah, S.M
    Saya belum tahu cara mendaftar adsense sih kak. Pengen bisa mendaftarnya. Tapi katanya susah juga tergantung keberuntungan nggaknya. Benar gitu nggak ya kak?
  • Afif Dalma
    betul sekali mas.. iklan otomatis (auto ads) memang sangat membantu meningkatkan penghasilan adsense.. khususnya iklan vinyet yg seringkali membuat visitor terkecoh wkwk
  • Nabilla DP
    aku belum paham betul untuk daftar adsense kak.. dulu pernah ya coba2 tapi kemudian agak bingung dan akhirnya aku hentikan. sekarang belum aku pasang lagi.
  • Yonal Regen
    Hwah blog saya belum pasang adsense. Tertarik buat nyoba setelah baca ulasan bang Andrie.
    Terima kasih untuk informasinya
  • Ainhy edelweiss
    Bagus sekali dan detail cara ulasannya, semoga bermanfaat bagi pembaca yang lain.
  • Iska
    btw, templatenya keren
    kayak dasbor Blogger yah hehe
  • Ghina Rahmatika
    Emang enak ya mas kalau iklannya otomatis gt. Tapi saya malah pengen iklannya ga dibikin otomatis mas. Ada tulisan ttg ini nggak?
  • Maria Tanjung Sari
    duh sayangnya blog saya baru satu yang berhasil diverifikasi Adsense nih mas. Yang lainnya udah berkali kali ketolak terus. Entah mengapa padahal artikel udah banyak
  • Naved Ame
    Iklan otomatis ini kadang menampilkan iklan yang relevan dengan isi artikelyang kita tulis di blog, tapi bisa juga iklan retargeting hasil dari pencarian user yang sedang membaca.

    Aku bersyukur sekarang nggak banyak iklan spam, porno atau nggak jelas di google adsense.

    jadi inget 2 tahun lalu, harus bersih2 iklan manual, ngeblokin advertisernya supaya nggak muncul di artikel. kan kesel kita nulis tentang parenting eh yang muncul iklan pembesar pen!s.
  • Unknown
    Manggut-manggut karena sampai saat ini blog saya belum pasang google ads. Dulu sempat ngajuin tapi ditolak. Lagi on progress benerin seo on page maupun off page-nya nih mas
  • Eni Rahayu
    Jadi dalam setahun dapat berapa dollar dari Adsense, Kak? Kece nih pasti rame banget blognya.

    Makasih ya ilmu tentang ngatur iklan adsense-nya.

    Kadang kaget pas BW eh nongol adsense di tengah2 dan gede banget, jadi kayak mendominasi dan malah kesannya nutupin tulisan.
  • fanny_dcatqueen
    Ohh jadi kalo ada iklan yg kluar tapi raya2 sesuai Ama isi konten, itu termasuk yg auto matched content Yaa. Kdg sering nemuin yg begitu. Aku sih ga masalah, asalkan jadi heboh bangt kluarnya πŸ˜„. Malah jadi nutupin tulisan yg sebenernya. Kalo terlalu mengganggu , aku malah jadi close tab
  • Imawati A. Wardhani
    Saya newbie nih di per-adsense-an, karena nggak mau ribet dan takut salah jadi pasang auto ads ini. Hehe. Oiya sebelum pasang saya juga baca-baca blognya Mas loh buat cari pencerahan πŸ˜‚
Cancel

Dilarang meninggalkan link aktif didalam komentar atau diskusi blog. Terima kasih sudah berkunjung.