Adsense - Pada tanggal 7 oktober yang lalu terdapat sebuah email yang memberitahukan bahwa google adsense akan beralih ke lelang harga pertama pada akhir tahun ini. Lalu apa dampaknya bagi publisher? 

Dampak Peralihan Adsense ke Sistem Lelang Harga Pertama Bagi Publisher

Apa itu lelang harga? 

Sebelum membahas lebih jauh Anda harus memahami apa itu lelang harga. Lelang harga atau biasa disebut bidding merupakan strategi dalam menentukan budget harian pada iklan, dimana hal ini akan sangat berpengaruh pada iklan Anda apakah akan ditampilkan atau tidak. 

Setiap platform digital ads tentu memiliki strategi bidding yang berbeda-beda, meskipun jika dilihat secara keseluruhan hampir sama. Biasanya pula dalam penentuan strategi bidding ini ada sebuah goal yang ingin dicapai, baik itu tujuan untuk mendapatkan banyak klik, impresi, ataupun konversi. 

Beberapa strategi bidding yang terdapat pada google ads, diantaranya:

1. Maximize Click

Maximize Click merupakan sebuah strategi untuk memaksimalkan jumlah klik pada iklan yang ditayangkan. Iklan ini sangat cocok untuk meningkatkan awareness, yang dimana jika pengunjung ingin mengetahui info lebih lanjut dapat mengunjungi website. Dari hal ini tentu Anda akan mendapatkan sebuah report terkait database pengunjung. .

2. Maximize Conversions

Maximize Conversion merupakan strategi lanjutan dari maximize click, yang dimana disini google ads akan memfokuskan seluruh budget Anda untuk mendapatkan konversi sebanyak-banyaknya. Namun tentu Anda harus tetap mengontrolnya agar budget yang Anda miliki tidak terbuang secara sia-sia. 

3. Cost Per Action 

Cost Per Action merupakan strategi bidding untuk mendapatkan konversi sebanyak-banyaknya, namun ada batasannya. Strategi ini sering sekali digunakan oleh banyak advertiser, karena google akan mengkonversi biaya iklan tidak melebihi CPA yang sudah ditentukan. 

4. Return On Ad Spend

Return On Ad Spend atau biasa disebuat ROAS merupakan strategi bidding untuk bisa mendapatkan nilai konversi terbesar berdasarkan ROAS yang sudah ditentukan. Misalnya Anda menentukan ROAS sebesar 3x lipat, maka setiap 1 rupiah yang Anda bayar Anda akan mendapatkan 3 rupiah. Hal ini tentu akan sangat cocok pada situs e-commerce agar bisa memperoleh keuntungan pada penjualan. 

5. Cost Per Mile 

Cost Per Mile merupakan strategi bidding agar iklan dapat dilihat oleh banyak orang. Strategi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memperkenalkan brand agar mudah diketahui. Misalnya iklan akan dibayar setelah mencapai 1000 tayang. 

Akan tetapi hal ini akan menimbulkan persaingan yang tinggi, karena yang beriklan tidak hanya Anda. Jika menentukan harga terlalu rendah akan berisiko iklan tidak tayang karena ada yang bid iklan lebih tinggi, namun jika terlalu tinggi bisa rugi. 

* * *

Pemilihan strategi dalam beriklan sangat penting sekali, agar goal yang sudah ditentukan dapat tercapai dan tentu pengeluaran dapat diminimalisir serta pendapatkan dapat dimaksimalkan. 

Mau itu besar atau kecil bid yang dipasang, tidak akan mempengaruhi apakah iklan Anda tayang atau tidak. Karena google akan tetap menampilkan iklan kepada pencarian atau blog yang relevan saja. Hal ini sangat berkaitan quality score pada iklan yang dibuat. 

Dampak Peralihan Adsense ke Lelang Harga Pertama

Terkait dampak perubahan yang dilakukan google terkait peralihan adsense ke lelang harga pertama sebenarnya tidak banyak yang harus dilakukan oleh publisher, karena google akan melakukan perubahan itu secara otomatis tanpa harus di setting manual. 

Berikut pesan yang disampaikan oleh google adsense:

" Untuk terus mengefisienkan Google AdSense, kami ingin menginformasikan melalui email ini bahwa kami akan mengubah sistem lelang AdSense, dari harga kedua ke harga pertama dalam beberapa bulan ke depan. Tidak ada tindakan yang perlu Anda lakukan sebagai penayang AdSense dan Anda kemungkinan tidak akan mengalami perubahan penghasilan "

Google Adsense hanya memberikan notifikasi kepada pengiklan terkait perubahan yang dilakukan, yang dimana perubahan tersebut akan selesai akhir tahun ini. Untuk mengetahui informasi selengkapnya dapat dibaca pada situs Komuntias Bantuan Google Adsense, terkait FAQ tentang AdSense yang beralih ke lelang harga pertama. Semoga bermanfaat. 

  1. Saya belum mudeng soal google adsense nih mas Andri, blog saya polos dari dulu nggak ada iklan. Pengen nyoba tapi masih ragu karena pv-nya seuprit ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah kok pv nya masih sedikit, bisa daftar..

      Delete
  2. Ga begitu mudeng aku masalah adsense. Sampe sekarang blog ku juga ada iklan tp ga begitu banyak karena takut ngurangin estetika.Kalo ngecek isi dashboard adsense isinya segitu-gitu wae ga nambah pendapatannya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh silahkan coba daftar dulu, dan perbaiki setiap penolakan yang diberitahu pada dashboard google adsense

      Delete
  3. aku udah tahu informasi ini. jadi penasaran dampaknya bagi penghasilan blogger? apa ada pengurangan atau justru penambahan? semoga iklannya laris manis jadi penghasilan publisher juga bertambah

    ReplyDelete
  4. saya pribadi masih berjuang untuk diterima oleh google adsense :D

    ReplyDelete
  5. Dapet notif email ini, awalnya kirain kena surat cinta Publisher Policy. Masih ga ngerti soal ini, tapi asal ga terlalu ngaruh ke publisher.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir seluruh publisher menerima email ini, aman kok

      Delete
  6. untunglah tidak harus melaukan apapun, karena belum mudeng. Tapi ketir ketir aja jika inii merugikan.

    ReplyDelete
  7. Duh jadi inget sama adsense ku yang lagi mati suri gegara pin yang dikirim belum nyampe2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diajukan terus sampai pinnya sampai, dan pastikan alamat yang diberikan sudah benar ya

      Delete
  8. wah jadi inget sama adsense saya yang lagi mati suri gegara nunggu pin yang dikirim belum nyampe-nyampe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diajukan terus sampai pinnya sampai, dan pastikan alamat yang diberikan sudah benar ya

      Delete
  9. aku malah ga bisa loh adsensenya sedih banget entah kenapa yah dulu diutak atik jadi ga bisa sampe sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin melakukan klik secara tidak sengaja sehingga google adsense nya di blokir

      Delete
  10. Terima kasih banyak penjelasan singkatnya. Saya juga dapat surat cinta seperti ini. Pas dibaca memang nggak terlalu maksudnya apa, jadi dibiarkan saja.

    Dan baca ini lumayan tercerahkan mengenai peralihan adsense ke sistem lelang ini.

    ReplyDelete
  11. Dari kemarin dapat pemberitahuan dari adsanse masalah lelang-lelang ini. saya sendiri sudah berusaha mempelajari dan membaca dengan seksama tapi tidak masuk apalagi paham. alhamdulillah akhirnya tercerahkan sama isi artikel ini. terima kasih kak

    ReplyDelete
  12. Amazing yaa..
    Ternyata ads pun bisa berubah ratenya. Dan tanpa perlu melakukan apapun, tinggal mencoba, bisa mandapatkan benefit dari bidding google ads.

    Karena ads ku ada yang bantu urusin dan penpdapatan per bulan masih sangat minim sekali, jadi jiper bacanya. Hhehe, tapi ngiler sama hasilnya.

    ReplyDelete
  13. Ngga terlalu berpengaruh sama penghasilan, masih segitu saja kang, masih untung tidak tambah turun. Mungkin karena PV cuma ratusan saja perhari.

    ReplyDelete
  14. Saya sebagai publisher juga mendapat email tersebut. Berhubung saya tidak terlalu paham dan juga tidak dituntut untuk melakukan apapun, jadi santai saja. Tapi dengan membaca artikel ini saya mendapat sedikit pencerahan tentang tipe-tipe bidding. Paling penting tentunya untuk para pengiklan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena dari pemberitahuannya tidak perlu melakukan apapun jadi aman-aman saja

      Delete

Post a Comment