Fashion - Pertengahan tahun 2019 merupakan sebuah awal dimana isu pandemi COVID-19 mulai terdengar di Indonesia. Hal ini membuat banyak orang tidak menyangka bahwa tingkat persebaran virus corona terus meluas ke berbagai penjuru dan berdampak pada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), lalu penerapan lockdown di berbagai daerah, hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan di Masyarakat (PPKM).  

Kebijakan ini tentu memberikan dampak yang luas terhadap seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, tidak hanya UMKM akan tetapi juga pusat perbelanjaan, cafe, toko kelontong, serta perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia. 

Penerapan kebijakan ini juga membuat aktivitas masyarakat terbatas yang awalnya bisa berjualan dari pagi hingga malam, kini hanya bisa berjualan sampai sore saja. Disisi lain para pekerja atau karyawan pun diwajibkan untuk bekerja dari rumah (WFH), dan tidak banyak pula yang diputus hubungan kerjanya atau PHK karena pendapatan yang menurun.

10 Rekomendasi Strategi Bisnis Fashion Bangkit di Masa Pandemi COVID-19

Hal inilah mengapa strategi bisnis perlu diterapkan dalam sebuah usaha atau perusahaan, sehingga bisa menciptakan sebuah peluang baru baik dalam kondisi apapun termasuk dalam masa pandemi COVID-19 ini. 

Seperti kita ketahui bahwa Pandemi COVID-19 telah mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk dalam hal berbelanja. Diberlakukan pembatasan kegiatan ini membuat banyak masyarakat lebih memilih untuk belanja online, baik itu untuk kebutuhan ataupun fashion. Namun bukan berarti dari berjualan offline langsung online, tetap dibutuhkan sebuah strategi bisnis yang efektif dan efisien. 

Berikut 10 rekomendasi strategi bisnis fashion bangkit di masa pandemi COVID-19, diantaranya;

1. Menganalisis Preferensi Perilaku Konsumen

10 Rekomendasi Strategi Bisnis - Menganalisis Preferensi Perilaku Konsumen

Memanfaatkan analisis preferensi perilaku konsumen dalam industri fashion dapat membantu perusahaan untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang perilaku dan kebutuhan pelanggan. Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga perusahaan bisa lebih memahami tren pasar apa yang sedang berkembang saat ini. 

Mungkin dalam proses analisis preferensi perilaku konsumen, akan muncul berbagai pertanyaan-pertanyaan seperti ini;

  • Iklan apa yang harus dijalankan, kepada siapa, dan jam berapa?
  • Siapa kemungkinan yang akan berkonversi setelah menerima diskon?
  • Rekomendasi produk apa yang cocok untuk pelanggan?
  • Bagaimana cara meningkatkan pengalaman pelanggan dalam hal berbelanja?

Contoh: Tere memiliki data analis pada usaha pakaian wanita yang dikembangkannya, lalu Tere memberikan hasil data analis tersebut ke tim pemasaran untuk dipahami terkait apa sih yang dicari oleh pelanggan? Hasil dari pencarian tersebut dapat digunakan untuk menentukan produk apa yang akan ditampilkan di usaha pakaian wanitanya.   

Dengan demikian tingkat akurasi terkait tren ini bisa diterapkan dalam produk yang dijual, dan hal ini pun tentu akan berpeluang meningkatkan konversi pada penjualan produk yang ada.


2. Memprediksi Persediaan dan Distribusi Penjualan

10 Rekomendasi Strategi Bisnis - Memprediksi Persediaan dan Distribusi Penjualan

Melakukan prediksi dalam persediaan dan distribusi penjualan merupakan suatu hal yang sangat penting. Dalam hal ini perusahaan dapat membandingkan harga produk dengan pesaing, lalu perusahaan juga dapat melakukan peningkatan pada akurasi penjualan dan permintaan pelanggan. 

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kelebihan stok atau kekurangan stok dengan mengidentifikasi produk apa yang banyak diminati, produk apa yang sedang tren, dan produk apa yang muncul saat ini. Sehingga biaya dan waktu yang dikeluarkan dapat dioptimalkan dengan baik.


3. Membantu Pelanggan Menemukan Produk yang Sesuai

10 Rekomendasi Strategi Bisnis - Membantu Pelanggan Menemukan Produk yang Sesuai

Membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan merupakan hal yang perlu diperhatikan, itulah mengapa pada strategi sebelumnya perusahaan perlu mengetahui preferensi perilaku konsumen sehingga perusahaan dapat menentukan produk apa yang cocok dengan pelanggan pada produk yang ada. 

Jika apa yang pelanggan butuhkan bisa ditemukan pada perusahaan Anda tentu itu akan membuat mereka sangat bahagia dan kemungkinan pelanggan akan merekomendasikan perusahaan Anda pada teman, kerabat, atau keluarganya bahwa perusahaan Anda menyediakan produk yang lengkap dan sesuai. Hal ini pula dapat meningkatkan pelanggan untuk terus membeli produk yang mereka butuhkan pada perusahaan Anda. 


4. Menyediakan Produk Terbaru yang up-to-date

10 Rekomendasi Strategi Bisnis - Menyediakan Produk Terbaru yang up-to-date

Menyediakan produk terbaru yang up-to-date merupakan sebuah langkah yang baik untuk dilakukan dibeberapa produk, tetapi tetap menawarkan dengan merekomendasikan produk yang ada pada pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Hal ini dilakukan agar stok produk lama bisa cepat laku sehingga bisa diganti dengan produk yang lebih baru lagi.  

Untuk mengetahui tren produk yang laris perusahaan dapat memanfaatkan penggunaan google trend milik google secara gratis, dan jika memiliki media sosial perusahaan dapat meminta pendapat pada pelanggan terkait produk apa yang dibutuhkan pelanggan melalui survei online. Beritahu pelanggan bahwa perusahaan akan menyediakan produk baru dan meminta keterlibatan pelanggan pada proses produksi yang dilakukan.

Sebagai contoh saja perusahaan ingin menyediakan pakaian muslim untuk menyambut hari raya idul fitri, pelanggan ingin disediakan pakaian pria, pakaian wanita, atau pakaian anak yang seragam untuk satu keluarga. Biasanya dalam perayaan hari raya banyak keluarga yang menggunakan pakaian yang sama motif dan bentuk untuk keluarganya. Moment ini bisa dimanfaatkan dalam penjualan produk yang up-to-date serta sesuai dengan kebutuhan pelanggan.


5. Memberikan Promo atau Apresiasi Pada Pelanggan

10 Rekomendasi Strategi Bisnis - Memberikan Promo atau Apresiasi Pada Pelanggan

Promo diskon pada sebuah produk tidak hanya memberikan keuntungan pada bisnis fashion yang dijalankan, akan tetapi juga mampu meningkatkan reputasi dari bisnis fashion yang Anda kembangkan. Hal inipun dapat memicu kesetiaan pelanggan dalam berbelanja produk Anda karena perusahaan sering memberikan diskon serta apresiasi kepada pelanggannya. 

Diskon juga dapat mengurangi produk-produk yang belum terjual sehingga target penjualan pada produk tersebut bisa tercapai. Oleh karena itu dalam memberikan diskon pastikan selalu diwaktu yang tepat seperti hari raya, harbolnas, dan lain sebagainya. 


6. Memanfaatkan Digitalisasi Untuk Menjangkau Pelanggan

10 Rekomendasi Strategi Bisnis - Memanfaatkan Digitalisasi Untuk Menjangkau Pelanggan

Pemanfaatan digitalisasi untuk menjangkau pelanggan dimasa pandemi COVID-19 ini merupakan sebuah langkah yang tepat. Memulai bisnis fashion melalui platform digital merupakan bisnis yang bisa cepat beradaptasi, bisnis yang memiliki banyak sekali fitur yang bisa digunakan, lalu bisa memperluas penjualan kepada pelanggan di seluruh Indonesia bahkan dunia, serta mengubah lalu lintas pengunjung didalam toko menjadi lalu lintas online. 

Kolaborasi menjual produk secara offline ataupun online merupakan sebuah strategi bisnis untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang kemungkinan tidak bisa datang langsung ke toko tetapi bisa langsung beli produk secara online.       


7. Menyiapkan Banyak Pilihan Produk

10 Rekomendasi Strategi Bisnis - Menyiapkan Banyak Pilihan Produk

Menyiapkan banyak pilihan produk dalam sebuah usaha fashion merupakan langkah yang baik, karena pada dasarnya pelanggan akan lebih tertarik dengan sesuatu yang berbeda dibandingkan yang sama. Apalagi jika produk tersebut hanya ada satu-satunya atau limited edition. Sehingga harga jual pun bisa ditekan jauh lebih tinggi dibandingkan produk kompetitor.   

Dari hal ini pula akan membentuk sebuah citra atau image pada brand fashion Anda, dan produk Anda pun akan dinilai berkualitas dan unggul dibandingkan produk serupa. 


8. Menawarkan Berbagai Macam Pilihan Metode Pembayaran

10 Rekomendasi Strategi Bisnis - Menawarkan Berbagai Macam Pilihan Metode Pembayaran

Seperti yang kita ketahui bahwa budaya masyarakat yang terus bergeser ke dunia digital ini, tentu sebagai pemilik usaha bisa mulai memikirkan terkait penawaran berbagai macam metode pembayaran pada produk yang dijual. Adapun beberapa manfaat diantaranya; 

  • Keamanan lebih terjamin
  • Proses transaksi dan layanan yang diberikan lebih cepat
  • Pilihan metode pembayaran yang beragam

Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan uang tunai dalam kegiatan pembayaran perlahan-lahan sudah mulai ditinggalkan, apalagi sejak digital payment ini muncul membuat semuanya menjadi serba instan dan mudah dilakukan. Itu artinya proses pembayaran produk bisa lebih menghemat waktu, dan laporan pembelanjaan pun tersimpan dengan baik. 


9. Membangun Bisnis Fashion yang Berkelanjutan

10 Rekomendasi Strategi Bisnis - Membangun Bisnis Fashion yang Berkelanjutan

Membangun bisnis fashion yang berkelanjutan merupakan sebuah tantangan yang luar biasa, dalam hal ini perusahaan harus dapat betul-betul paham terkait tren pasar, pemilihan harga yang baik, strategi dalam distribusi penjualan, pemberian diskon atau apresiasi kepada pelanggan, dan lain sebagainya. 

Prospek ini akan menciptakan sebuah jalur untuk terus berkembang dan berinovasi menjadi lebih lagi dari sebelumnya, sehingga kedepannya dapat merekrut orang-orang yang luar biasa dan mau berubah dan berkembang bersama. 


10. Mengoptimalkan Penjualan yang Efektif

10 Rekomendasi Strategi Bisnis - Mengoptimalkan Penjualan yang Efektif

Optimasi penjualan merupakan sebuah strategi bisnis untuk meningkatkan minat pelanggan dalam membeli produk perusahaan. Sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan yang dilakukan, salah satunya ialah dengan membuat website, mengembangkan aplikasi mobile, serta mudah temukan secara offline ataupun marketplace online yang ada saat ini. 

Salah satu perusahaan fashion retail yang yang menerapkan strategi bisnis ini yaitu Toko Baju Amigo Group. Toko baju ini memiliki website yang berguna untuk memberikan informasi terkait promo, event, atau diskon pada produknya, lalu memiliki aplikasi android yang bisa diunduh untuk memberikan informasi toko marketplace serta akumulasi poin yang bisa ditukarkan dengan voucher diskon pada setiap pembelian produk di toko cabang offline yang tersebar di Pulau Jawa. 


Apa itu Amigo Group ? 

Apa itu Amigo Group

Amigo Group merupakan sebuah perusahaan fashion retail yang telah berdiri lebih dari 4 dekade dan melayani kebutuhan fashion and shoes masyarakat Eks Keresidenan Surakarta dan Yogyakarta. Kini Amigo Group sudah ada di berbagai kota di Pulau Jawa, diantaranya:

  • Toko Baju Klaten
  • Toko Baju Boyolali
  • Toko Baju Sukoharjo
  • Toko Baju Karanganyar
  • Toko Baju Wonosari
  • Toko Baju Pedan
  • Toko Baju Delannggu
  • Toko Baju Prambanan
Sumber gambar: Pexels.com dan amigogroup.co.id

  1. sebagai konsumen, saya sangat setuju dengan poin yang ke-5 wkwkw

    ReplyDelete
  2. jangankan yg usaha ya, lembaga2 pencari donasi aja bukan main manufernya utk menjaring donatur. kita kudu belajar dr corona, pandai bermutasi utk menyesuaikan diri dg keadaan, hehe

    ReplyDelete
  3. Bisnis fashion tuh memnag poinnya menurutku di "up-to-date" karena fashion gampang banget berubah. Baru ada model gini, dua minggu aja udah ada model baru. Btw, Amigo Group asyik banget koleksi fashion nya dari berbagai kota ya

    ReplyDelete
  4. Yang terpenting dan harus dilakukan yaitu ya segera meng-onlinekan bisnis yang dilakoni. Entah berjualan di marketplace, sosmed ataupun membuat web sendiri. Kalau yang dijual brand sendiri, menurutku perlu bikin web sendiri, biar brandingnya lebih dapet

    ReplyDelete
  5. Thank you kak, pas banget baca artikel ini ketika aku kepikiran buat bikin brand fashion ku sendiri tapi belum nemu gimana dan harus mulai dari mana.

    ReplyDelete
  6. Wah recommended banget ini Kak
    Pastinya banyak yg pengin jadi pedagang fashion nih.
    Tipsnya moncer

    ReplyDelete
  7. corona mengingatkan kita sebagai manusia untuk terus berusaha beradptasi di lingkungan apapun, terutama dari sisi bisnis. poin 8 bagus tuh, skrg konsumen bisa banyak menggunakan platform e-money

    ReplyDelete
  8. Makasih buat tips strategi bisnis fashion ini, soalnya lagi kepikiran buat jualan kaos jejepangan, utamanya tema anime. Soalnya sering liat ini muncul di adsense blog saya, daripada ngejual produk orang mending bikin sendiri aja.

    ReplyDelete
  9. Berbagai strategi harus dilakukan agar bisa bertahan ya. Dan adanya adanya kecenderungan perubahan trend belanja dari offline ke online poin ke 6 wajib dilakukan. Agar menjangkau pelanggan yang lbh luas

    ReplyDelete
  10. Lengkap banget tipsnya. Emang perlu strategi khusus ya dalam membangun bisnis fashion di masa pandemi ini. Semoga ekonomi Indonesia makin maju ya

    ReplyDelete
  11. Bener banget krn daya beli menurun saat pandemi, bisnis fashion harus punya strategi.

    ReplyDelete
  12. Baru dengar deh saya yang namanya Amigo Group, adanya di Jateng aja ya?
    Btw memang sekarang semua pebisnis berlomba-lomba serius menaikan lagi bisnis mereka, berbagai usaha dilakukan, semoga pandemi segera berlalu beneran, biar ekonomi makin maju lagi :)

    ReplyDelete
  13. Singgah sini ya.. salam dari seberang

    ReplyDelete

Post a Comment