auqri  - Saat sedang mengajukan permohonan google adsense mungkin ada beberapa orang yang tidak sadar bahwa apa yang sudah dilakukannya itu dapat memperlambat atau bahkan bisa mendapatkan pesan penolakan dari google adsense mulai dari situs anda belum siap menampilkan iklan; 

  • Investaris berharga sedang dibuat, 
  • investaris berharga: tidak ada konten,
  • blog anda belum siap menampilkan iklan dan memerlukan perhatian
  • menyiapkan blog anda untuk menampilkan iklan
  • konten berkualitas rendah
  • dan masih banyak lagi

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Padahal blog sudah dibuat lama, lalu kontennya ada, selalu update postingan setiap hari, konten juga berkualitas, dll. Tapi kok malah mendapatkan pesan penolakan yang betolak belakang / sebaliknya.

Jangan Lakukan Hal ini, Saat Sedang Mengajukan Permohonan Google Adsense

Sebelumnya saya ada rekomendasi artikel tentang Google Adsense yang mungkin bisa membantu Anda, diantaranya: 

  1. Rahasia Diterima Google Adsense Walaupun Artikel Sedikit
  2. Pengalaman Diterima Google Adsense 
  3. Template Blog Langganan Diterima Google Adsense
  4. Domain .my.id Bisa Diterima Google Adsense

Inilah kesalahan fatal yang tidak banyak orang-orang sadari yang bisa memperlambat proses pengajuan, serta kemungkinan bisa mendapatkan pesan penolakan dari google adsense, yaitu:

Sering Gonta-Ganti Template Blog

Kebiasaan sering mengganti template saat sedang mengajukan permohonan google adsense merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. Pastikan sebelum mengajukan situs ke google adsense, situs Anda sudah benar-benar siap karena nantinya situs Anda akan di review secara manual oleh tim di Google Adsense.

Pesan Penolakan Google Adsense, Investaris Berharga Sedang Dibuat

Wajar saja jika mendapatkan pesan penolakan: situs Anda 'Belum Siap' untuk menampilkan iklan, dan biasanya pesan penolakan yang dilihat pada dashboard google adsense yaitu Situs Anda belum siap untuk menampilkan iklan: investaris berharga sedang dibuat.

Rahasia Diterima Google Adsense Walaupun Trafik dan Artikel Sedikit

Berikut beberapa dampak Anda sering ganti template blog saat sedang mengajukan permohonan situs ke google adsense, diantaranya:

1. Pengalaman Pengguna Situs

Apasih maksud dari pengalaman pengguna situs atau biasa dalam bahasa kerennya user experience. Pernah tidak Anda mengunjungi blog seperti ada sesuatu yang berbeda, sehingga membuat Anda harus belajar lagi memahami situs tersebut.  

Baik dari segi tampilan baru, atau ada penambahan widget pada template blog yang digunakan. Mungkin dari beberapa orang tidak mempermasalahkan hal tersebut, tapi dicoba saja Anda berperilaku sebagai pengunjung apakah nyaman mengunjungi situs yang seperti itu. 

2. Tidak Mendapatkan Kabar Terbaru dari Google Adsense

Hal ini mungkin sering dialami oleh beberapa orang, seperti hal-nya hubungan tanpa kejelasan atau biasa disebut bahasa kerennya kang ghosting. Perubahan template blog dapat mempengaruhi masa review oleh tim google adsense, karena google akan merayapi situs anda dalam beberapa hari. 

Mungkin Anda pernah melihat saat pertama kali mengajukan google adsense, berikut pesan yang disampaikan: " Harap bersabar, proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, tetapi terkadang bisa membutuhkan waktu hingga 2 minggu. Kami akan memberi tahu Anda setelah kami menjalankan beberapa pemeriksaan di situs. "

Pesan Dari Google Adsense

Ya betul, pesan tersebut disampaikan oleh google adsense pada halaman dashboard-nya. Ini bukanlah sebuah candaan dari tim google adsense, tapi sebuah peringatan agar situs tidak diubah-ubah karena akan mempengaruhi pemeriksaan yang dilakukan. 

3. Situs Sudah Siap Menampilkan Iklan, Tapi... 

Orang-orang yang sudah menjadi publisher google adsense mungkin pernah mengalami masa review 2x oleh Google Adsense yang dimana pertama situs dicek terlebih dahulu apakah sudah siap untuk menampilkan iklan atau belum. Lalu review yang kedua publisher diminta untuk menyisipkan kode kedalam situs untuk di review kembali.

Kalau situs atau blog sudah siap untuk menampilkan iklan, jangan sekali-sekali untuk mengganti template blog. Pastikan tahan hasrat untuk mengganti template sampai benar-benar diterima sepenuhnya. Jika sudah diterima juga lebih baik menggunakan template blog itu saja, atau jika mengganti juga tidak apa-apa sih. 

Kenapa setelah situs sudah siap menampilkan iklan, tetapi masih ada penolakan? Hal ini dikarenakan situs Anda mengalami perubahan properti, yang dimana pada saat masa review situs Anda sudah benar-benar siap tetapi karena template berubah jadi google harus merayapi situs Anda, dan ternyata template yang digunakan tidak siap untuk menampilkan iklan.

# Template Blog Langganan Diterima Google Adsense

Sama hal-nya sebuah hubungan antara pria dan wanita, pada awalnya mereka saling menerima satu sama lain namun pada akhirnya karena ada yang berubah sehingga membuat hubungan tersebut renggang dan akhirnya putus. 

***

Melanggar Kebijakan Google Adsense

Kalau sudah melanggar kebijakan google adsense sudah pasti akan langsung ditolak, bahkan situs bisa diblokir dan tidak bisa lagi mendaftarkan google adsense. Pastikan selalu bahwa blog Anda tidak melanggar kebijakan google adsense. 

Pelanggaran yang sering dilakukan biasanya lebih kepada konten yang dibuat, misalnya membuat konten yang mengandung hak cipta, konten ilegal, isu sara, serta konten-konten terkait porn*grafi. Simak selengkapnya di halaman Kebijakan Program Google Adsense.

Tapi ada beberapa hal pelanggaran yang mungkin tidak tertulis secara jelas, namun disebutkan secara tersirat oleh google yaitu menambahkan iklan lain selain google adsense. Apalagi iklan yang menyebabkan ketidaknyamanan pengunjung saat berkunjung kedalam situs, seperti iklan pop-up, muncul link saat di klik sembarang, dan lain sebagainya. 

Kadang kalau situs sudah tidak nyaman untuk pengunjung akan memberikan dampak negatif bagi blog, mulai dari trafik menurun, tidak direkomendasikan, dan akan sulit untuk bisa tampil di google search engine. Jadi kalau serius daftar google adsense, coba setialah dan jangan berpaling kepada yang lain.

Saya rekomendasikan alternatif google adsense bagi Anda yang yang mungkin sering ditolak atau belum ada kejelasan terbaru dari  google adsense. Berikut rekomendasi pengalaman saya Diterima Iklan Alternatif Google Adsense Walaupun Trafik Rendah, ada hal menarik yang mungkin tidak banyak orang tahu. 

***

Tidak Ada Aktivitas Didalam Blog

Aktivitas yang bisa dilakukan selain menambah artikel baru yaitu bisa juga dengan membagikan artikel ke media sosial. Hal ini dilakukan agar situs yang diajukan ke google adsense memiliki keaktifan dengan ditandai adanya aktivitas didalam blog. 

Saat saya mengajukan pertama kali saya sadar bahwa saya tidak memiliki pengunjung yang banyak, akan tetapi saya berpikir bagaimana cara agar pengunjung mau datang ke blog saya dan meninggalkan jejak disana. Akhirnya ada seseorang yang memberikan tips kepada saya agar pengunjung mau datang ke blog kita, diantaranya:

1. Gabung Komunitas Blogger

Dengan bergabung kedalam sebuah komunitas memberikan peluang untuk bisa mempromosikan blog kepada teman-teman blogger lain, bahkan biasanya setiap komunitas akan ada jadwal tertentu untuk saling berkunjung satu sama lain dan tidak lupa untuk meninggalkan jejak didalamnya. 

Namun tentu untuk bisa masuk kedalam komunitas tersebut, kita harus bisa menjaga kenyamanan antar  sesama anggota dengan tidak melakukan spamming, memancing keributan, dan lain sebagainya. 

Berikut Rekomendasi Komunitas Blogger di Indonesia;

  • Warung Blogger
  • Bloggercrony
  • Bloggerhub.id
  • Blogwalking Anti Endorse
  • Komunitas ISB
  • Komunitas Blogger Perempuan
  • Mom Blogger Community
  • Komunitas Emak Blogger
  • Blogwalking Organik
  • Blogger Indonesia
  • Komunitas Blogger Daerah (Jakarta, Medan, Jogja, dll)
  • Adsense Secret Indonesia
  • SEO Moms
  • Blogger FLP
  • Indonesia Hijab Blogger
  • Blogger Plus
  • dll

Jika ada rekomendasi blog lain bisa diinformasikan di komentar ya.. 

2. Memberikan Backlink ke Situs Blog

Dengan menanamkan backlink ke situs blog dapat memberikan peringkat kepada situs didalam google search engine. Backlink ibaratkan sebuah rekomendasi dari situs lain menuju blog Anda, semakin berkualitas situs yang ada backlink link blog kita maka semakin baik hasilnya. 

Rekomendasi penempatan backlink bisa dilakukan melalui situs-situs yang menerapkan content management system pada platform-nya. Hal ini agar kita dapat meletakkan link url blog pada halaman profil yang disediakan. 

Jangan berputus asa jika tidak ada kabar dari google adsense, fokuslah untuk membuat konten dan memperbanyak pengunjung terlebih dahulu. Karena jika pengunjung sedikit pun Anda akan kesulitan untuk menambah penghasilan di google adsense. 

Demikianlah artikel hal yang tidak boleh dilakukan saat sedang mengajukan permohonan ke google adsense, semoga bermanfaat. Jika ada salah kata mohon dimaafkan. Terima kasih.

  1. Sering tuh sya dapat surat begitu dri adsense dulu. Tapi kalau sya mah pantang untuk menyerah..

    Terus aja diajuin walau seringnya ditolak. Dan pada akhirnya mereka yg menyerah dengan menerima pinangan sya.. Haha 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh saya pernah tuh menulis pengalaman saya diterima google adsense, jika tidak salah ada didalam artikel yang berjudul "Diterima Google Adsense".

      Disana saya menjelaskan untuk bisa diterima google adsense saya pernah ditolak sebanyak 8x dan akhirnya untuk pengajuan yang ke-9 diterima sepenuhnya..

      Sepertinya tim google adsense lelah karena blog saya mengajukan adsense terus menerus hha

      Delete
  2. Dulu, punya akun adsense. Buatnya ngga ribet. Terus dipake ama temen, eh akunnya ke banned. Udah coba banding ngga lolos. Terus coba apply lagi dengan blog yang pernah Aku pake sebelumnya, diterima. Tapi 3 hari setelahnya di banned. Buat lagi dengan email baru tapi masih dengan Blog yang sama. Apakah ini blog aku juga kena banned, Kak? Udah sering banget soalnya, hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh iyaya dulu masih bisa berbagi adsense, tapi sekarang udah gak bisa sayangnya.. Bahkan dlu ada istilah JV Adsense tuh..

      Delete
  3. aku belum berhasil buat daftarin google entah dimana ya yang salah mau otak atik lagi ah semoga bisa lagi nih daftar adsensenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok pesan kesalahannya, cek aja di dashboard google adsense

      Delete
  4. aku tuh udah ngajuin adsense di blog yang pertama. udah diaprrove. tapi trus lupa ga aku setting-setting sampai akhirnya dibatalin sama google wakakakaka
    kayanya mental aku blom siap buat nerima adsense ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh mungkin bisa dicoba dilain kesempatan Mb..

      Delete
  5. Blogger yg akan mengajukan Google Adsense kudu baca artikel ini ya Kak.
    terima kasih sharing-nya

    ReplyDelete
  6. Wahh pas banget kak, aku lagi bingung banget pake adsense, maklum blogger pemula. Udah coba berapa kali gagal mulu, mungkin aku ada kesalahan kali ya.

    ReplyDelete
  7. Lengkap sekali pembahasannya, jadi nambah wawasan seputar hal yang mesti dihindari jika sedang mengajukan adsense. Saya sampai saat ini belum mengajukan adsense, masih pengin blognya polosan :). Mungkin nanti, maka saya pahami ini dulu biar tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, banyak juga saya masukan di artikel ini pengalaman dan masukan dari orang lain.. Jadi saya satukan menjadi sebuah cerita singkat hhi

      Delete
  8. Wah, komplittt bener nih informasinya, mas. Iya ya jangan sampe keseringan ganti template, kalau sekali aja masih oke lah ya. Memang konteng kudu oke, ada aktivitas di blog dan ikuti semua syarat dan ketentuan dari Google Adsense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, harus bikin satu template aja tapi udah identitas gitu

      Delete
  9. saya juga pernah ditolak, tapi sekarang ditrima heheheh.
    aku juga baca beberapa artikel disini lo mas buat referensi

    ReplyDelete
  10. do and don't waktu ngajukan adsense ini
    nice tips

    ReplyDelete
  11. Sudah dua kali mengajukan, masih declined. Harus berbenah lagi 😁

    ReplyDelete
  12. Siap kak. Bermanfaat sekali ya informasinya. Terlebih untuk saya yang emak-emak maksa belajar adsanse dari blog. Semoga blogku juga bisa rutin gajian dari adsense wkwkwk. makasih kaka infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa bermanfaat dan membantu yaa

      Delete
  13. Adsense ya adsense... Misterius tapi serius. Kalau saya sih karena ada beberapa blog dan website.. yang udah runing adsense. Dan ada dua blog yang blm diajuin. Nyadar diri juga karena traffict blog down semenjak ganti ekstensi domain.

    ReplyDelete
  14. Wah, bermanfaat banget ini. Bahkan walau saya udah lolos adsense, saya baru tahu ada rahasia nya begini. Makasih artikelnya

    ReplyDelete
  15. saya pernah ditolak beberapa x
    dan ternyata penyebabnya adalah template blog yang kurang friendly deh..soalnya setelah diganti langsung di approve..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh harus lebih diperhatikan lagi tuh

      Delete
  16. Hai kak andrie, menarik banget kontennya. Kalau blog gratisan apa bisa dipasangi adsense, Kak? Seperti blogspot atau wordpress.
    Maaf, ya pertanyaannya pemula banget, smoga berkenan menjawab 😊🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong, dicoba aja.. Siapa tau lolos yakan hhi

      Delete
  17. Terima kasih tips dan sarannya, Template memang harus dipilih direseacrh dari awal saat membuat blog. Tips yang sangat bermanfaat, Semoga bisa masuk dan lolos adsense. Salam sehat dan selamat beraktifitas.

    ReplyDelete
  18. Lengkap juga infonya, jadi sebaiknya jg sering gonta-ganti template ya kak

    ReplyDelete
  19. Blogku yang kedua itu habis ditolak juga, Mas. Huhu pediiih jendral!! Tapi sih kalau punyaku lebih ke jarang update, wkwkk. Mau ngumpulin niat yang bener dulu, baru kirim permintaan penawaran lagi.

    ReplyDelete
  20. Memang tidak mudah untuk meng-adsense-kan blog. Harus tahu kapan bisa mengajukannya. Pastikan juga sudah konsultasi ke teman yang bisa atau baca tips seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan sih, kalau berminat bisa langsung daftar hhi

      Delete
  21. Oia sih, blog saya pernah bolak-balik ditolak, dan mencoba memahami notifikasi yang ada di dashboard adsense-nya. Tapi akhirnya saya menyerah juga untuk blog pribadi tidak saya pakai adsense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh sayang banget tidak dilanjutkan lagi..

      Delete
  22. Wah begitu ternyata rahasianya. Baru tau saya
    Selama ini saya belum masan adsense di blog, masih ragu-ragu soalnya. Pas baca ini kayaknya mau coba ngajuin lagi deh

    ReplyDelete
  23. Kadang aku malah berpikir, pembaca lebih nyaman kalau blognya gak ada ads. Jadi blog utamaku, aku pasang ads, sedangkan blog kedua, sengaja gak aku pasang.

    ReplyDelete
  24. Makasih, Kak! ini bakalan jadi notes saya untuk persiapan bikin google adsense. Moga-moga nanti bisa berhasil :)

    ReplyDelete
  25. wah aku termasuk doyan gonta ganti template blog nih. untungnya adsense-ku sudah diaprove sama google. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah di approve mah gak masalah ganti-ganti hhi

      Delete
  26. Sepertinya artikel ini aku ijin teruskan ke sahabatku, karena dia juga mengalami masalah soal pendaftaran adsense. Karena saya pun tidak mengerti menjawab masalahnya soal adsense dia yang sampai saat ini belum bisa. Mungkin bisa mengikuti tips disini. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh terima kasih banyak yaa.. semoga bisa bermanfaat hhi

      Delete
  27. aku sih udah diterima adsense, cuma penghasilannya masih minim banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal optimasi konten dan blog supaya pengunjungnya banyak

      Delete
  28. Bang, Mau nanya dong.
    untuk pemasangan kode MGID gimana ya Bang.
    dan Saya ingin mengucapkan terima kasih ke Abang, karena setelah baca artikel Abang, saya jadi paham tentang Adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk MGID saya pernah menulisnya di artikel ini: Diterima MGID Walaupun Traffic Rendah. Semoga bisa membantu.

      Delete

Post a Comment