Ikut Magang di Kementrian Indonesia
Magang di Kementrian Indonesia. Program magang merupakan sebuah proses penerapan keilmuan atau kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan, sehingga mahasiswa/i yang mengikuti program magang ini bisa paham dan mengerti bagaimana sistem kerja profesional yang sebenarnya.

Bagi mahasiswa tingkat akhir pasti akan mengalami proses kerja magang di perusahaan ataupun instansi terkait, hal ini wajib dilakukan karena magang merupakan salah satu syarat untuk bisa mendapatkan gelar sarjana. 

Proses magang bisa dilakukan dimana saja, namun bagi mahasiswa ada ketentuan khusus dalam menentukan tempat dimana mereka magang. Biasanya minimal perusahaan atau tempat usaha yang dipilih mahasiswa ini telah memiliki status sebagai CV ataupun PT.
Ikut Magang di Kementrian Indonesia
Tidak hanya di perusahaan ataupun tempat usaha saja, mahasiswa juga dapat melakukan proses magang di kementrian yang ada di Indonesia. Beberapa kementrian di Indonesia biasanya membuka kesempatan bagi mahasiswa/i tingkat akhir untuk bisa magang, dan bekerja langsung dalam lingkup pemerintahan.  
  1. Kementrian Bidang Politik dan Keamanan 
  2. Kementrian Bidang Perekonomian
  3. Kementrian Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
  4. Kementrian Bidang Kematiriman dan Investasi
  5. Kementrian Dalam Negeri
  6. Kementrian Luar Negeri
  7. Kementrian Pertahanan 
  8. Kementrian Agama
  9. Kementrian Sekretaris Negara
  10. Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia
  11. Kementrian Keuangan
  12. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
  13. Kementrian Kesehatan
  14. Kementrian Sosial
  15. Kementrian Ketenagakerjaan
  16. Kementrian Perindustrian
  17. Kementrian Perdagangan
  18. Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral
  19. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  20. Kementrian Perhubungan
  21. Kementrian Komunikasi dan Informatika
  22. Kementrian Pertanian
  23. Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  24. Kementrian Kelautan dan Perikanan
  25. Kementrian Desa
  26. Kementrian Agraria, Tata Ruang, dan Kehutanan
  27. Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional dan Bappenas
  28. Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
  29. Kementrian BUMN
  30. Kementrian Koperasi dan UKM
  31. Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  32. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak
  33. Kementrian Riset Teknologi dan Badan Riset Inovasi Nasional
  34. Kementrian Pemuda dan Olahraga
  35. Kepala Staf Kepresidenan
  36. Sekretaris Kabinet
  37. Kepala Badan Organisasi Penanaman Modal
  38. Jaksa Agung

Biasanya setiap lowongan magang di Kementrian Indonesia ini ditujukan pada unit kerja yang tersedia, oleh karena itu sebelum mengajukan lamaran pastikan dulu Anda ingin bekerja di unit kerja bagian apa pada kementrian yang dipilih.

Surat lamaran program magang ditujukan kepada pimpinan yang terkait dengan maksud tujuan magang, secara umum syarat mengajukan lamaran program magang di Kementrian Indonesia ini adalah sebagai berikut:
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Transkip Nilai Resmi
  • Surat Keterangan dari Pihak Kampus
  • Diutamakan memiliki kemampuan bahasa inggris
  • Minimal menempuh kuliah semester ke-5
Ikut Magang di Kementrian Indonesia
Terlepas menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan gelar sarjana, program magang yang diadakan oleh universitas atau kampus ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa. Oleh karena itulah proses magang ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya di perusahaan atau instansi ternama di Indonesia, baik itu perusahaan,startup, ataupun lingkup pemerintahan.

Manfaatkan internet dengan sebaik-baiknya untuk mengikuti perkembangan update pembukaan magang di Kementrian Indonesia. Kesempatan tidak datang dua kali, pengalaman bekerja di pemerintahan merupakan peluang yang baik. 

Simak info program magang di perusahaan lainnya, disini
  1. Wah banyak juga kementerian yang buka magang untuk para mahasiswa ya. Kira kira kalo ikut magang dapat gaji tidak ya?

    ردحذف
    الردود
    1. Pasti akan banyak yang didapat, tidak hanya gaji saja.

      حذف
  2. Duh jadi pengen balik jadi mahasiswa biar bisa ikutan magang. Dulu aku sering ketinggalan info2 magang di kementrian ini huhu

    ردحذف
  3. Terimakasih untuk informasinya

    ردحذف
  4. Jadi inget jaman kuliah tahun akhir dulu kala, Mas. Waktu itu kami diwajibkan ikut magang. Tapi sayangnya aku gak kepikiran magang di kementerian 🙈. Andaikan kepikiran dan diperbolehkan magang di sana, kayaknya seru, deh. 😆

    ردحذف
    الردود
    1. Mungkin sesekali bisa tuh dicoba, kalau jadi mahasiswa lagi hhi

      حذف
  5. keren banget deh jika bisa magang di Kementerian, bakalan jadi pengalaman berharga dan bisalah ya itu tuk mempercantik CV juga :)

    ردحذف
    الردود
    1. Buat portofolio bagus tuh, apalagi pengalaman kerja..

      حذف
  6. Wah iya dulu beberapa teman sekolah saya saat lulus kuliah pernah ada yang magang-magang di kementrian. Boleh lah infonya saya sampaikan ke yang lain.. Makasih banyak..

    ردحذف
  7. Baru tahu mahasiswa bisa magang di Kementrian. Pasti beda rasanya. Magang di perusahaan saja bisa buat gugup mahasiswa, gimana Kementrian ya

    ردحذف
    الردود
    1. Ada syarat khusus untuk bisa masuk, dicoba saja..

      حذف
  8. ngomongin magang..saya jadi kangen masa-masa magang waktu jaman kuliah dulu. banyak pengalaman menarik dan tak terlupakan yang kadang suka bikin saya ketawa sendiri. namanya juga masih belajar kerja hihi.

    dan tuk di Jakarta pilihan tempat magang pasti jauh lebih luas dan lebih banyak ya termasuk kementrian ini.

    ردحذف
    الردود
    1. Betul, di jkt juga banyak perusahaan-perusahaan yang bagus yang bisa dicoba untuk keperluan magang, selengkapnya bisa dilihat pada link yang ada pada bagian akhir ya hhi

      حذف
  9. Pengalaman magang penting banget untuk memahami dan merasakan pengalaman kerja sesungguhnya. Apalagi kalau mau bekerja di kementertian yang diincar.

    ردحذف
    الردود
    1. Betul, pengalaman kerja di suatu instansi bisa menjadi nilai plus untuk nanti jika ingin melamar kerja..

      حذف
  10. wah sekarang bisa ya magang di kementrian gitu, atau sudah dari dulu tapi saya yang baru tahu. Pengalaman berharga sekali kalau bisa magang di kementrian ya kak. Coba dulu saya tahu kalau bisa magang di kementrian pendidikan pasti keren banget. Saya tuh penasaran sekali dengan yang ada di kementrian pendidikan karena saya kuliah di fakultas pendidikan, hehe

    ردحذف
    الردود
    1. Tergantung unir kerja mana yang membuka lowongan, update saja terus informasinya

      حذف
  11. Wah jadi ingat masa kuliah dulu tapi aku nggak ada magang sih adanya kerja praktik dan berhubung jurusan kuliahku teknik sipil jadi kerja praktiknya di proyek gitu. Sayangnya proyek yang kami pilih kurang oke jadinya kurang seru kerja praktiknya

    ردحذف
    الردود
    1. Wahh sama aja sih, hanya beda penyebutannya saja..

      حذف
  12. Magang ini PKL yaa..
    Aku dulu juga mengajukan ke perusahaan BUMN. Harapannya bisa punya channel dan nantinya mudah memperoleh informasi terkait lowongan pekerjaan.
    Hehehe..

    ردحذف
  13. Magang itu memang bermanfaat dan seru bagi mahasiswa, mereka bisa dapetin pengalaman di dunia kerja bahkan tidak mungkin jika kinerjanya bagus mereka akan direkrut jadi pegawai. Trus juga bisa menjalin networking yang bagus.

    ردحذف
    الردود
    1. Nahhh sapa tau setelah lulus, ada ketertarikan untuk melanjutkan dan menjadi pegawai tetap hhi

      حذف
  14. Duh senangnya jadi mahasiswa sekarang ya. Bisa magang di kementrian itu bakal jadi poin banget di CV! Ayo semangat adik2, terus isi CV kalian dengan pengalaman segudang sebelum masuk ke dunia kerja!

    ردحذف
  15. Asik banget emang program MBKM ini, mahasiswa jadi punya lebih banyak peluang untuk memperoleh pengalaman di dunia nyata saat ini

    ردحذف
    الردود
    1. Betul, lebih terbuka dan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya

      حذف

إرسال تعليق

1Minggu1Cerita
Warung Blogger
Blogger Crony Indonesia
Blogger Hub Indonesia
>Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta
1Minggu1Cerita
Warung Blogger
Blogger Crony Indonesia
Blogger Hub Indonesia
>Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta