Daftar Isi [ Tampilkan ]
Diterima Google Adsense

Saat mengajukan pertama kali saya sangat penasaran sekali, kira-kira bisa tidak ya diterima google adsense walau artikel kurang dari 5 atau 10. Akhirnya saya mencoba dan membuat sebuah blog baru, dan membuat artikel setiap seminggu sekali haha.

Dulu saya punya blog yaitu andrie id, akan tetapi tidak saya perpanjang lagi karena biaya perpanjangannya yang lumayan mahal. Akhirnya saya ikut sebuah event untuk bisa mendapatkan domain dan hosting gratis dari berbagai penyedia layanan seperti niagahoster, idwebhost, rumahweb, idcloudhost, jagoanhosting, masterweb, exabytes, dan masih banyak lagi. 

Akhirnya yang menang cuma di rumahweb, hadiah yang saya dapatkan yaitu 1 domain .my.id gratis dan hosting 3 bulan yang kapasitas penyimpanannya sangat terbatas sekali. Tapi yaudahlah daripada beli yakan, tapi walaupun beli juga harganya gak sampe Rp. 10.000/tahun untuk domain my.id ini. 

Akhirnya saya daftarkanlah blog ini dengan nama auqri.my.id, nama auqri ini sebenarnya nama kebalikan dari andri yang dimana huruf 'nd' dibalik jadi 'uq'. Nah dari nama itu sebenarnya saya memiliki harapan dapat menamai media sosial saya dengan nama auqri, akan tetapi di instagram saya tidak bisa memilikinya karena sudah dimiliki oleh orang lain. huhu.

***

Nah begitulah singkat cerita tentang bagaimana blog ini bisa ada dengan nama domain yang seperti itu. Selanjutnya saat umur blog ini memasuki usia 2 bulan, saya nekat mendaftarkan blog ini ke  google adsense. Sesuai harapan blog saya ditolak google adsense karena blog saya tidak sesuai kriteria untuk bisa menjadi publisher google adsense (tidak memiliki cukup konten). 

Penolakan Pengajuan Google Adsense #1

Pada saat itu saya sudah ada 3 artikel aktif yang dimana belum ada sama sekali yang terindex google haha, super nekat memang. Akhirnya saya menambah satu artikel lagi dan memperbaiki beberapa artikel saya yang sudah terbit agar lebih berdaging, karena beberapa ada yang kontennya yang belum selesai ditulis.

Setelah memperbaiki semuanya, akhirnya saya ajukan lagi kepada adsense bahwa saya sudah memperbaiki konten dan menambah satu artikel baru kedalam blog. Setelah beberapa hari kedepan saya ditolak lagi dengan beberapa alasan yaitu:
  1. Low value content
  2. Situs tidak siap untuk menampilkan iklan
  3. Inventaris berharga
  4. konten sedang dibuat
  5. Konten mengandung copyright  

Pesan Penolakan Pengajuan Google Adsense


Hampir kurang lebih 8x penolakan yang saya terima dari awal saya mengajukan google adsense, tetapi saya tidak menambah konten lagi setelah mencukupi 5 artikel. Karena rasa penasaran itu saya tahan untuk tidak menulis artikel, tetapi saya hidupkan interaksinya dengan blogwalking ke berbagai blogger yang ada di Indonesia.

Dari awal mengajukan pada tanggal 8 Maret 2021 sampai diterima pada tanggal 17 Mei 2021, dan yang membuat saya senang adalah pesan penolakan yang diterima bisa saya dapatkan besoknya saat hari sebelumnya mengajukan. Jadi Maksudnya hari ini saya mengajukan besoknya sudah mendapatkan pesannya. Saya seperti diprioritaskan haha mantap. 

Kalau sudah diterima begini kan jadi semangat ngonten hihi, rencana mau bikin youtube juga buat konten tips dan trik gitu.. Lagi coba bikin dan edit video yang akan segera tayang di channel youtube saya. 

Oiya buat teman-teman yang sudah membuat youtube itu kira-kira adsensenya bisa digabung di blog tidak ya? Apa saya syaratnya ya kira-kira.. Nanti deh saya belajar-belajar lagi. Buat teman-teman yang sedang mengajukan blog nya ke google adsense semoga diterima juga yaa! Semangat. 
  1. Blog ku ini sebelumnya sudah ada adsense, tapi harus aku cabut karena aku mau ganti email blog supaya terkhusus (karena dulu pake email umum) tapi mengajukan adsense selalu ditolak karena low value content. Agak bingung sih, karena postingan ada 100 lebih... pas baca artikel ini langsung kepikiran, apakah artikel yang dimaksud itu yang terbit dengan email ini ya? Jadi bingung harus perbaikin apanya..... mungkin ada pendapat setelah perjuangan panjang memperoleh adsense? 😆

    ردحذف
    الردود
    1. Walaupun ganti email sepertinya adsensenya tetap ada sih, karena adsense itu nempelnya di domain, selama domainnya masih aktif dan tidak diganti dengan domain lain itu masih bisa digunakan..

      Kecuali memang kalau ada pelanggaran yang menyebabkan akun adsensenya tidak bisa digunakan lagi. Oiya untuk kesalahan lebih detailnya biasanya disampaikan di halaman dashboard google adsensenya, coba dilihat saja apa yang salah dan perbaiki lalu ajukan lagi..

      حذف
  2. Wah, keren. Kebetulan saya kemarin baru ditolak Adsense. Baru penolakan pertama sih, salah satu alasanya low value content. Mereka melihat konten kita low, kira2 dari mana ya, Mas? Apa dari traffic? Sepengalaman Mas Andrie, gimana ngatasinya.

    Terima kasih sudah share. Salam kenal.

    ردحذف
    الردود
    1. Kalau soal low value content itu menurut saya sih bukan kontennya tidak berkualitas, atau memiliki kualitas yang rendah.. Mungkin maksudnya adalah apakah konten yang ditulis itu bisa menarik pembaca atau pengunjung?

      Nah untuk cara menarik pengunjung itu mungkin bisa dengan blogwalking dengan sesama teman blogger atau meminta saudara, keluarga, atau teman dengan mencari blog masnya lewat mesin pencari lalu mengunjungi setiap artikel yang ada di blog mas nya.

      Kalau soal traffic keknya gak sih, saya aja traffic cuma seberapa dan ditambah usia blog cuma beberapa bulan saja. Dari sepengalaman saya sih begitu mas, bisa dipraktekkan.

      حذف
  3. Ga tau kenapa saya tahun kemarin saya bikin blog baru juga, sengaja tulisan dari blog lama belum dipindah, tapi sekali daftar Adsense langsung keterima. Mungkin dari niche dan fokus konten juga pengaruh ya, soalnya saya kebanyakan nulis anime, film, psikologi, ga terlalu random kayak yg dulu.

    Setelah diterima, harus tetap semangat ngontennya. Karena rasa putus asa terbesar justru saat udah punya akun Adsense. Pengennya tiap hari ngecek saldo tapi masih jauh dari target withdraw hehe.

    Bisa kok digabung sama Youtube, bakal sama akunnya kalau pake email yg sama. Harus punya NPWP juga.

    ردحذف
    الردود
    1. Nah niche juga penting banget tuh, malah dari GA nya sangat menganjurkan sebuah blog memiliki niche / topik yang unik..

      Wahaha iya nih, masih jauh dari batas yang ditentukan, pokoknya tahun ini harus bisa checkout lah :D

      Berarti gak harus hosted / non hosted ya jenis akun adsensenya?

      حذف
    2. Pas daftar tahun kemarin masih pake Blogspot juga sih, tapi karena menang hostingan gratis dari lomba blog, akhirnya dipindahin lagi semua ke Wordpress sampai sekarang. Untung akun Adsense-nya otomatis pindah juga, ga perlu register ulang.

      Target sih ga muluk2, kalau checkout bisa buat nutup biaya domain sama hosting.

      حذف
    3. Wah jadi migrasi adsense dari hosted ke non hosted gak butuh review ulang lagi ya, berarti aman dong penghasilan yang pernah dihasilkan dari blogspot.

      Wueheh iya, yang penting minimal 1.3 dari batasnya itu bisa kepegang tiap bulan, semoga aja.. amin amin

      حذف
  4. Sama, aku juga daftar beberapa kali ditolak padahal konten sudah 50 lebih. Akhirnya setelah 5x ditolak, yang keenam nya diterima. Senang luar biasa.

    Eh, ternyata pendapatan adsense tidak sebanyak yang aku duga.😂

    ردحذف
    الردود
    1. Wuehehe iya mas, tapi kalau bisa sampai target perbulannya udah lumayan sih :D

      حذف
  5. hwah selamat mas sudah diterima adsense nya, semoga mengalir lancar cuannya dan semakin semangat ya ngeblognya

    ردحذف
  6. Wah, keren banget 8x ditolak tapi gak menyerah. Congratulations, ya! :)

    ردحذف
    الردود
    1. Pantang menyerah sampe diterima pokoknya hehe

      حذف
  7. Só enviei pedido pro google adsense depois de um pouco mais de 8 meses, mas, não fui rejeitado, mais tinha algumas postagens, apesar do blog não ter muito conteúdo, haha, beijos.

    ردحذف
    الردود
    1. Basta tentar se cadastrar no blog do adsense, quem sabe pode ser aceito e ganhar a partir daí.

      حذف
  8. semoga saya selanjutnya yang diterima gan :D lagi buat konten dulu, mungkin setelah 3 bulan mau coba daftar adsense

    ردحذف
    الردود
    1. 2 bulan saja sudah bisa kalo domain TLD, lalu tinggal perbanyak interaksinya saja

      حذف
  9. Wah bisa jadi prioritas adsense itu sesuatu benget ya mas.. Semoga setelah beberapa kali ditolak akunya bisa nular juga diterima adsense nih.

    ردحذف
  10. Jadi ingat, dulu aku juga berkali-kali ditolak google adsense, Mas. Tapi alasan penolakannya apa, aku gak ingat. Atau malah kayaknya aku gak baca alasan penolakannya blas. Cuma tau ditolak gitu aja. Hehehe. 🤣

    Tapi aku tetep nulis aja, banyak-banyakin blog walking, dan benahi tema blog (terutama bagian menu utama yang ada di atas) itu. Setelah beberapa bulan kemudian, iseng daftar google adsense dan akhirnya keterima.

    Btw selamat ya, Mas Andri 😆. Wah, google adsense lolos, mgid juga. Aku doain karir ngeblog nya nambah lancar ya, Mas. 😆

    ردحذف
    الردود
    1. Wahhh keren bisa langsung keterima hihi, coba yang blogspotnya itu juga didaftarin hhe, jadi 22nya ada adsensenya :D

      Smngt nulis juga buat mb nya :p

      حذف
  11. Selamat ya mas, akhirnya diterima adsense nih blognya :) Semoga makin semangat nulis. Anggap aja sebagai binus senang2 pendapatan dari iklan di blog :)

    ردحذف
    الردود
    1. Bonus kali :p, canda canda.. Semogaaa amin amin amin..

      حذف
  12. Terharu banget dengan perjuangan kamu Andrie!! Semangat dan sukses selalu buat kamu ya Andrie )))

    ردحذف
  13. Saya selalu mau ganti domain kok gak bisa yah bang,,,

    Btw selmat bang udah keterima adsense,, saya jg sdah beberapa kli ditolak tp blum pernah keterima...

    ردحذف
  14. Waktu awal-awal sebelum ada corona gampang banget di aprove adsen ya mas, taapi kalo sekarang agak susah juga.. kmarin saya diterima setelah 7 kali ditolak

    ردحذف

إرسال تعليق